Curuk Game



Halo semua , kami mendapatkan tugas untuk membuat game berbasis matematika di kampus nih.. game kami memang sederhana , tapi asik dimainkan pada saat masih kecil , kira-kira waktu SD hehe. untuk lebih jelasnya langsung kita mulai saja ke pembahasan :)


Game yang kami buat, mengambil referensi dari permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak di daerah kami pada era-90an. Game ini memanfaatkan tangan (jari) sebagai media untuk bermainnya dan pemain diharuskan untuk melakukan pertambahan, pembagian ataupun pengurangan. Namun, dalam game ini kami tidak sepenuhnya mengikuti aturan yang biasa dimainkan oleh anak-anak tersebut karena ada beberapa hal yang membuat game ini tidak bisa selesai, sehingga kami menambahkan fitur yang mendukung aturan yang kami buat agar game tersebut bisa selesai. Kami mengambil beberapa fitur yang ada dalam permainan tricky test (untuk mengambil fitur nyawa) dan permainan catur (pembatasan waktu) untuk mendukung game yang kami buat ini. Dalam game ini, kami membuat dua pilihan untuk bermain, yaitu bermain melawan player yang lain (player vs player) dan player melawan computer (player vs com).


Sesuai dengan nama sementara game ini "curug/curuk game" saya kurang tau pelafalan yang benar untuk kata tersebut , tapi dari kata tersebut , curuk/curug memiliki arti dalam bahasa sunda yaitu jari telunjuk tangan , karena game ini dominan menggunakan jari telunjuk sebagai media bermainnya. Namun , kami tidak mengikuti semua peraturan yang biasa dimainkan oleh anak-anak zaman dulu , sehingga kami membuat aturan untuk mendukung game ini. Untuk aturannya sebagai berikut :

1. Pemain


·         Game ini dimainkan oleh dua orang jika bermain player vs player dan satu orang jika bermain player vs computer.


Lalu untuk tampilan awal Game ini , untuk sementara dan untuk memenuhi target pada bulan maret ini yaitu bisa dilihat dibawah ini :




                    Dari tampilan awal game tersebut , pemain diberikan 5 tombol untuk menjalankan game                       tersebut , tombol-tombol tersebut adalah :

o   Kategori tombol “pilih tangan”. Tombol ini perlu di klik oleh pemain terlebih dahulu sebelum mengklik tombol “pilih tujuan” , terdiri dari :
§  Tombol tangan kanan ,berfungsi untuk memilih tangan kanan untuk melakukan aksi(action)
§  Tombol tangan kiri , berfungsi untuk memilih tangan kiri untuk melakukan aksi(action)
o   Kategori tombol “pilih tujuan”. Tombol ini di klik oleh pemain sesudah mengklik tombol “pilih tangan” , terdiri dari:
§  Tombol Tangan kiri musuh , berfungsi untuk menerima aksi berupa penjumlahan nilai dari tangan yang dipilih sebelumnya , sehingga tangan kiri musuh bertambah nilainya
§  Tombol tangan kanan musuh , berfungsi untuk menerima aksi berupa penjumlahan nilai dari tangan yang dipilih sebelumnya , sehingga tangan kanan musuh bertambah nilainya
§  Tombol tangan sebelah , berfungsi untuk menghidupkan tangan yang sudah mati(mengepal) dengan cara mendistribusikan nilai dari tangan sebelahnya dan membagi nilai


2. Aturan Main



·         Masing-masing pemain menentukan siapakah yang menjadi giliran pertama
o   Untuk menentukan siapa yang pertama , kami menggunakan kocok angka dengan rasio dari 0 – 99 , dan jika pemain yang mendapatkan angka yang lebih besar , maka akan mendapatkan turn yang pertama.
o   Pengocokan angka dilakukan sebelum game dimulai
·         Permainan dibatasi dengan waktu
·         Setiap pemain akan diberi nilai awal 1 (1 jari) untuk masing – masing tangan
·         Setiap pemain diberi 5 kesempatan/nyawa
·         Setiap tangan yang menghasilkan nilai 5 dari hasil penjumlahan oleh jari tangan lawan , maka tangan tersebut dianggap mati dan tangan dikepalkan
·         Nyawa/kesempatan akan berkurang saat tangan yang dianggap mati(mengepal) mendapat distribusi nilai dari tangan sebelahnya
·         Pemain tidak bisa melakukan penjumlahan ke tangan musuh jika :
o   Tangan yang dipilih (kanan/kiri) sama dengan 0
o   Tangan musuh yang dituju (kanan/kiri) sama dengan 0
·         Pemain tidak bisa melakukan penggabungan ke tangan sebelah jika :
o   Tangan yang dipilih (kanan/kiri) bernilai 0
o   Nyawa yang tersisa sama dengan 0
o   Hanya merubah posisi saja
o   Setelah melakukan penggabungan , tangan yang dipilih (kanan/kiri) mati/mengepal (menghasilkan nilai 5)

·         Apabila pemain memiliki nilai 4 pada salah satu tangannya dan tangan sebelahnya bernilai 0 dan pemain tersebut mengklik tombol “tangan sebelah” maka akan muncul tombol tambahan berupa tombol 1 dan 2 , untuk menentukan berapakah nilai yang akan dibagikan ke tangan sebelahnya


3. Keadaan Menang
    Saat salah satu pemain berhasil membuat kedua tangan musuh mengepal.
4. Keadaan Kalah
    Saat salah satu pemain kehabisan waktu dan kedua tangan mengepal.




dan itulah overview dari game yang sedang kami buat dalam kegiatan perkuliahan , semoga game ini bisa berkembang dan dapat selesai pada waktunya . tunggu saja , perkembangan game ini sampai jumpa :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengganti Mobile Authenticator Steam tetapi Anda Lupa Nomor Hp,Email,Recovery Code [UPDATED]

Cara membuktikan bahwa Faktorial 0 sama dengan 1 (0! = 1) dengan menggunakan logika sederhana

Cara Mengubah Tema Ubuntu Dengan Mudah